Dimuat ku: barudaksunda | 27 Pébruari 2011

E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab

BAB I

GAMBARAN UMUM E-LEARNING

 

Inovasi dalam teknologi pembelajaran memang tidak pernah berhenti. Setiap saat pendidikan yang tergabung di dalamnya berusaha untuk mengembangkan teknologi yang digunakan selama ini dan memperbaiki kelemahan-kelemahannya untuk kualitas pendidikan yang lebih baik. Adanya dukungan dari pemerintah, terutama dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional menstimulasi beberapa perguruan tinggi di Indonesi untuk mulai membangun sistem pembelajarannya berbasis web.

E-learning atau proses pembelajaran melalui media elektronik, terutama internet, saat ini dianggap dapat menjadi solusi pendidikan bagi peserta didik yang tidak dapat hadir secara fisik ke setiap perkuliahan, namun mempunyai niat untuk memperoleh pengetahuan atau pun keinginan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Bagi institusi pendidikan, teknologi di dalam e-learning dapat dijadikan media untuk semakin memperbaiki kualitas dalam pembelajaran jarak jauh (distance learning). Jika semula E-learning terkesan sebagai pembelajaran yang pasif dan hanya satu arah dari instruktur atau staf pengajar semata, setahap demi setahap hal ini mulai dirombak. Adanya fasilitas forum dan chatting di dalam media E-learning mulai merubah pandangan banyak orang akan pembelajaran melalui website yang aktif. Dukungan multimedia dan perkembangan badu di dunia web semakin membantu mewujudkan pembelajaran interaktif, meskipun tidak bertemu secara fisik.

Saat ini, sebagian besar website yang digunakan untuk menyajikan E-learning masih lebih terfokus pada penyediaan fasilitas bagi instruktur untuk meng-upload materi kuliah di server dan fasilitas download materi bagi peserta didik. Meskipun materi kuliah dapat berupa presentasi ataupun dokumen multimedia, hal ini masih dianggap sebagai kelemahan. Tidak adanya hubungan interaktif dan seringkali komunikasi hanya terjalin satu arah antara pengajar dengan siswa menjadi keprihatinan sendiri.

Dengan keberadaan E-learning ini, setidaknya menjadi jembatan keterbatasan waktu dan tempat didalam pengembangan proses pembelajaran. Semua orang dapat memanfaatkan fasilitas E-learning dimanapun kapanpun dan siapapun. Perkembangan teknologi ini harus benar-benar mampu dimanfaatkan bagi dunia pendidikan juga, tak lain untuk memberikan pelayanan yang lebih inovatif bagi pelaku pendidikan.

 

BAB II

PEMBAHASAN PEMBUATAN E-LEARNING

 

A.    Deskripsi E-Learning

 

Penggunaan E-learning sekarang ini sudah sudah menjadi hal yang harus, penggunaan fasilitas pendukung pembelajaran berbasis IT ini dapat kita temukan di dunia internet, banyak server website yang menyediakan fasilitas untuk E-Learning lengkap dengan fitur-fitur pendukungnya seperti menyediakan fasilitas forum, blog chat, pembelajaran, bank pertanyaan, penilaian, dukungan multimedia, wiki, tugas kelompok, dan dukungan berbagai bahasa. Kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan di dalam E-Learning saat ini sudah dapat ditemukan di berbagai perangkat lunak Learning Content Management System (LCMS) seperti ATutor, Moodle, Sakai Project dan lain sebagainya.

Untuk mendukung pembelajaran kususnya dalam Pembelajaran Bahasa Arab, kami mencoba membuat E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan fasilitas Freewebclass.com (fasilitas E-Learning dari Moodle.com) dan aplikasi ATutor dari server ATutor.ca.

 

1.      E-Learning dengan Freewebclass.com

Freewebclass adalah salah satu aplikasi untuk E-Learning dari webserver Moddle. Dengan menggunakan fasilitas ini kita bisa membuat sebuah E-Learning dengan free atau gratis disamping ada juga yang berbayar, penggunaan E-Learning dengan Freewebclass yang gratis memiliki konsekuensi yaitu kita hanya memiliki sub-domain dari domain Freewebclass seperti E-Learning yang kami buat ini dengan alamat website; http://www.arabicforfun.freewebclass.com. (lihat gambar 1.1)

Arabicforfun merupakan salah satu aplikasi E-Learning yang menggunakan fasilitas webserver dari Freewebclass.com. Dengan mengakses website Arabicforfun kita dapat melakukan pembelajaran bahasa Arab dengan E-Learning, namun terlebih dahulu pengguna atau user diharuskan mendaftarkan diri kepada administrator atau seseorang pemilik E-Learning ini untuk mendapatkan username dan password sebagai anggota dari E-learning ini. Setelah mendapatkan username dan password seorang pengguna dapat masuk ke dalam E-Learning ini dengan login terlebih dahulu pada kolom yang telah disediakan.

Setelah login, pengguna dapat mengakses segala hal yang ada di dalam E-Learning ini sesuai dengan perannya. Kedudukan pengguna di dalam E-Learning ini sangat berpengaruh terhadap akses yang akan di dapatkannya, di sini terdapat beberapa peran sebagai pengguan atau user diantaranya sebagai; Administrator, course maker, teacher, murid ( student ), dan tamu.

a)      Administrator

Administrator adalah seorang yang memiliki otoritas yang lebih terhadap pembentukan dan jalannya E-Learning, setiap pembuat E-Learning secara otomatis dia sebagai administrator dalam E-Learning tersebut. Dia memiliki hak akses segala fasilitas yang ada di dalam E-Learning, seperti : editing, upload dan download materi, menentukan teacher, menetukan murid, membuat profil, menambahkan aplikasi-aplikasi lain, membuka forum, membuat chatting dan lain sebagainya.

b)      Course Creator

Course creator atau pembuat kursusan merupakan seseorang yang bertugas sebagai penyedia fasilitas kursus di dalam E-Learning, dia memiliki wewenang untuk membuat kursusan, menghapus kursusan, menentukan guru dan murid didalam kursusannya, meng-upload materi.

c)      Teacher

Teacher (guru) adalah tenaga pengajar di dalam setiap kursus yang di buat, dia bertugas sebagai penyampai materi dan menjelaskannya kepada murid yang dia bimbing. Teacher berhak membuat kursusan sendiri dengan materi dan peserta didik yang ia tentukan, namun dia tidak bias mengubah kursusan lain yang bukan wilayah didikannya. Selain itu, dia memiliki wewenang dalam pengembangan pembelajarannya seperti membuat tugas, kuis,tes evaluasi, menentuka nilai dan kelas.

d)     Non-Editing Teacher

Perbedaan teacher dengan Non-editing Teacher adalah hanya dari segi wilayah aksesnya saja, non-editing teacher tidak bias membuat kursus sendiri dan tidak dapat menetukan murid yang akan dia bimbing, dia hanya memiliki tugas sesuai apa yang telah ditugaskan oleh administrator atau course creator kepadanya.

e)      Student

Student atau murid adalah pengguna yang berperan sebagai peserta didik, dimana dia sebagai obyek pengajaran. Student ini memiliki hak menerima pengajaran berupa akses men­-download materi, mengikuti forum diskusi, chatting, mengikuti tes evaluasi, kuis dan lain sebagainya. Namun, para murid aksesnya sangat dibatasi.

f)       Guess

Guess atau tamu, tamu hanya memiliki hak sebatas mengetahui fasilitas yang ditampilkan oleh E-Learning ini, dan tidak memiliki wewenang masuk ke dalamnya.

(lihat gambar 1.2)

2.      E-Learning dengan ATutor

ATutor merupakan salah satu perangkat lunak software E-Learning, ATutor dipilih karena tampilannya yang baik dan kemudahannya untuk ditambahkan dengan fasilitas-fasilitas pembelajaran E-Learning lainnya apabila dibutuhkan. Penambahan fasilitas tersebut sifatnya opsional karena tidak semua pengguna E-Learning membutuhkan fasilitas atau fitur tersebut. Untuk mendapatkan software ATutor ini dapat di-download secara gratis dari server aslinya yaitu http://www.atutor.ca.

Pada awalnya ATutor hanya menyediakan fasilitas untuk penulisan materi, upload materi ke server, pertugasan dalam kuliha/pembelajaran, pembuatan bank soal, pengujian dan penilaian serta fasilitas untuk komunikasi antara pengguna yaitu chatting, forum dan blog. Namun jika dibutuhkan, kita dapat menambah modul untuk Kalender yang berisikan aktivitas peserta didik terkait dengan course yang diselenggarakan. Modul tambahan lain yang bisa ditambahkan antara lain Photo Gallery, Text2Speech, WebChat, Ewiki, dan lain sebagainnya semua ini dapat di-download melalui http://www.atutor.ca/modules.

Menggunakan fasilitas software ATutor tidak harus ikut kedalam server aslinya dengan domani ATutor.ca, akan tetapi aplikasi software ATutor ini dapat kita gunakan dan aktifkan di dalam website pribadi atau kita sendiri, contohnya seperti penggunaan ATutor dalam website pribadi yang kami buat ini http://www.noorhaddie.comuv.com. (lihat gambar 2.1)

Di dalam website ini kami menggunakan fasilitas software E-Learning ATutor sebagai aplikasinya, secara umum ATutor tidak jauh beda dengan software-software E-Learning lainnya, namun yang menjadi nilai plus dari fasilitas ini adalah adanya forum chatting yang memungkinkan komunikasi pembelajaran E-Learning tidak hanya satu arah saja akan tetapi dua arah antara instuktur atau teacher dengan muridnya.

Menggunakan ATutor juga dapat tergolong mudah, pengguna yang menginginkan menggunakan atau masuk kedalam E-Learning ini cukup melakukan registrasi sendiri terlebih dahulu bagi yang belum terdaftar tanpa harus didaftarkan oleh administrator sedangkan bagi yang sudah terdaftar bisa melakukan login langsung di dalam kolom tab yang telah disediakan.

Walaupun dalam segi penggunaannya relatif mudah dan lengkap, pengembangan aplikasi E-Learning ATutor dengan menggunakan webhost lain ( bukan webhost ATutor-nya) sedikit rumit, disamping kita harus meng-upload aplikasi ATutor kita juga harus mengurusi editing acount kita di servernya. Disamping itu, aplikasi-aplikasi pendukung pelayanan materinya pun sedikit rumit, akan tetapi penyajiannya lebih menarik. (lihat gambar 2.2)

 

B.     Materi dan Peran Anggota E-Learning

 

1.      Materi

Materi-materi yang dituangkan atau disediakan di dalam E-Learning arabicforfun.freewebclass.com ini adalah materi-materi bahasa Arab yang simpel dan mudah sebagai pengantar dan pengenalan terhadap bahasa Arab. Dengan materi-materi yang mudah ini diharapkan siapa saja yang mengakses website E-Learning ini dapat dengan mudah mempelajarinya. Diantara kategori-kategori materi yang dibuat di dalam E-Learning ini adalah:

1. Materi-materi Bahasa Arab Sederhana seputar kemhiran bahasa/مهارة اللغة
2. Materi-materi seputar pendalaman ilmu bahasa seperti: Nahw, Shorf dan sebagainya.
3. Mufrodat dan Mahfudhot.
4. Contoh-contoh pidato dan percakapan (muhadatsah) dalam Bahasa Arab.

Dengan pengkategorian ini peserta atau siapa saja yang mengakses website E-Learning ini diharapkan mendapatkan kemudahan dalam mempelajari bahasa Arab sesuai dengan kemampuannya sendiri, selain itu, pengkategorian ini dibuat guna mempermudah pencarian materi atau kursusan yang disediakan di dalam E-Learning ini. (lihat gambar 3.1)

 

2.      Peran Anggota

Keanggotaan pengguna user dalam E-Learning Bahasa Arab sangat tergantung pada perannya, setiap pengguna E-Learning Bahasa Arab dapat mengakses baik upload maupun download apapun yang ada dalam fasilitas website ini sesuai dengan peran dan kedudukannya. Peran dan kedudukan pengguna ini memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Berikut ini adalah anggota pengguna E-Learning Bahasa Arab beserta tugas dan wilayah aksesnya.


Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s

Katagori

%d bloggers like this: