Dimuat ku: barudaksunda | 8 Nopémber 2009

ngarojong urang sunda

Masyarakat Dorong Ki Sunda Jadi Pemimpin Bangsa

pikiran rakyat Minggu, 08 November 2009 , 03:42:00

SUMEDANG, (PRLM).- Ketua Dewan Pembina Paguyuban Pasundan H. Ginandjar Kartasasmita mengajak tokoh dan seluruh masyarakat Jawa Barat bertekad melahirkan serta mendorong Ki Sunda menjadi pemimpin bangsa.“Kita harus bertekad pada tahun 2014 atau 2019 harus ada pemimpin bangsa dari Jawa Barat, khususnya orang Sunda, paling tidak untuk posisi wakil presiden dulu, tetapi bukan saya orangnya,” ujar mantan Dinandjar di Sumedang.

Menyingung Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II yang baru dibentuk dalam pemerintahan baru hasil Pemilu 2009, sebagai salah seorang tokoh Ki Sunda, Ginandjar mengaku cukup merasa bangga.

“Kita merasa bangga sehubungan dengan adanya enam orang putra dan putri yang memiliki akar dan kaitan dengan Jawa Barat yang masuk dalam jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu II,” katanya.

Namun di balik itu, Ginandjar juga sempat menyesalkan atas adanya pernyataan dalam rangkaian proses Pemilu Presiden 2009 yang dinilai berpotensi melemahkan daya tawar masyarakat Sunda di kancah pergaulan nasional.

Pada saat pemilu kemarin pernah muncul pernyataan  tokoh Sunda bahwa can waktuna urang Sunda mimpin nagara (belum saatnya orang Sunda memimpin negara). Padahal, faktanya suku Sunda adalah suku kedua terbesar di Indonesia dan memiliki potensi besar serta kader-kader yang layak untuk memimpin bangsa. “Namun, kita (Ki Sunda) ternyata belum bisa dan sepertinya masih kurang percaya diri,” katanya. (A-91/A-147)***


Responses

  1. sae… hayu urang rojong tokoh sunda kangge pembangunan bangsa…


Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s

Katagori

%d bloggers like this: